Peristiwa
Sabtu, 27 Juli 2013 - 23:32:21 | adi-prabowo / sorotjogja

Pemred Koran se-Jogja Desak Pengungkapan Kasus Udin

Pemred Koran se-Jogja Desak Pengungkapan Kasus Udin
Sorot Jogja/Ado

Jogja, (sorotjogja.com)- Sejumlah pemimpin redaksi surat kabar lokal Jogja melakukan pertemuan untuk mengkonsolidasi gerakan moral untuk mendesak kepolisian untuk mengungkap kasus penganiayaan yang mengakibatkan meninggalnya wartawan Bernas Fuad Muhammad Syafruddin atau Udin, pada 13 Agustus 1996 lalu.

Pertemuan itu dilaksanakan di kantor Harian Radar Jogja, di Jalan Ringroad Utara, Sabtu (27/7/2013) malam. Para pemimpin redaksi tersebut hadir untuk mendukung penuh gerakan moral yang diprakarsai oleh Solidaritas Wartawan untuk Udin.

Ibnu Taufik, selaku koordinator, mengatakan gerakan moral ini bertujuan memberikan support sekaligus menagih janji pihak kepolisian untuk menyelesaikan kasus pembunuhan wartawan Udin, yang setahun lagi akan memasuki masa kedaluwarsa. “Selain itu hal ini akan menjadi momentum bagi setiap wartawan agar mereka berani bekerja sesuai hati nurani dalam memberitakan kebenaran kepada masyarakat. Sehingga profesi sebagai wartawan makin dihormati,” ujarnya.

Nurhadi, Pemimpin Redaksi Koran Merapi, dalam kesempatan itu menegaskan gerakan itu harus benar-benar serius dalam setiap langkahnya. “Wartawan harus memiliki keyakinan bahwa upaya yang kita lakukan ini akan sampai pada pengungkapan kasus itu,” tegasnya.

Hadir dalam kesempatan itu Pemimpin Redaksi Harian Jogja Adhitya Noviardi, Pemimpin Redaksi Koran Merapi Nurhadi, Pemimpin Redaksi Radar Jogja Amin Surachmad dan Pemimpin Redaksi Tribun Jogja Sunarko. Selain itu hadir perwakilan Koran Sindo Fauzi Miftah, Harian Suara Merdeka Agung P, Harian Bernas Jogja Arie Giyarto, Sorot Jogja Adi Prabowo, Devid mewakili Kedaulatan Rakyat, Clemon Lilik dari Radio Sindo serta Asril Sutan Marajo selaku anggota Tim Pencari Fakta (TPF) Udin.

Pertemuan menyepakati sejumlah kegiatan yang terkait pemberitaan maupun proses hukum dalam upaya pengungkapan kasus wartawan Udin tersebut. Fauzi Miftah selaku Ketua Divisi Jaringan menambahkan Solidaritas Wartawan untuk Udin akan kekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Yogyakarta, dengan mengawali kegiatan pada 12 Agustus 2013 dan kegiatan lain akan berlangsung selama setahun.

Untuk mensosialisasikan gerakan moral itu, Solidaritas Wartawan untuk Udin sebelumnya sudah melakukan roadshow ke sejumlah media seperti harian Kedaulatan Rakyat dan Koran Merapi, Harian Bernas Jogja, Tribun Jogja, Biro Tempo, Harian Jogja dan Biro Metro TV.

Baca juga :


HOT NEWS
bernas_jogja.jpgeltira.jpgsonora.jpg