Kriminal
Sabtu, 06 Juli 2013 - 17:00:03 | shinta / sorotjogja

Kasus Cebongan: LPSK, Majelis Hakim Tidak Fokus

Kasus Cebongan: LPSK, Majelis Hakim Tidak Fokus
Sorot Gunungkidul/Sinta

Jogajakarta (sorotjogja.com)--  Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menilai hakim ketua sidang kasus Cebongan tidak fokus terhadap materi persidangan. Anggota LPSK, Teguh Soedarsono mengatakan, hakim ketua sidang sering melontarkan pertanyaan di luar permasalahan.

 "Ketika saya datang langsung ke sidang, saya dengar hakim tanya tentang bagaimana pendapat saksi tentang pengamanan masyarakat di gedung pengadilan,itu kan tidak masuk akal," katanya kepada sorotjogja.

Selain itu, Majelis Hakim terkesan tidak peka terhadap aspek humanisme dalam menjalankan proses peradilan. Antara lain tidak menginjinkan penggunaan penutup wajah atau sebo bagi saksi di persidangan. "Saksi saya rasa tidak akan aman dan maksimal untuk menjawab pertanyaan dari majelis hakim. Karena keinginan mereka untuk menutupi identitas tidak terpenuhi ."

Sementara itu ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki menilai, persidangan kasus Cebongan belum ditemukan hal - hal yang mengarah adanya permainan dalam sidang tersebut.  "KY belum menemukan hal - hal yang mencurigakan dalam persidangan Cebongan," katanya saat ditemui dalam Workshop Akuntabulitas Peradilan di hotel Santika hari ini. 

Suparman mengakui ada sejumlah pihak yang mengkhawatirkan jalannya persidangan tidak berjalan dengan baik. Misalnya, pangkat majelis hakim dan oditur lebih rendah dibanding pengacara. "Saya menemukan di semua pengadilan militer seperti itu keadaannya, pangkat hakim lebih rendah, tetapi saya rasa hal itu sudah biasa di pengadilan militer." Bahkan Suparman mengapresiasi pengadilan militer kali ini dilakukan dengan terbuka.

Baca juga :


HOT NEWS
bernas_jogja.jpgeltira.jpgsonora.jpg